MACAM – MACAM TEKNIK PENGEFRAISAN

Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui teknik dari pengefraisan pengefraisan dapat dilakukan dengan dua macam teknik , yakni dengan tknik horizontal dan vertikal

  1. Teknik Pengefraisan Rata sejajar dan Siku Arah Mendatar (Horizontal).
    Dalam melakukan pemotongan mendatar, Jenis mesin yang digunakan adalah mesin frais orizontal. Jenis pisau yangdigunakan , yaitu jenis pisau frais mantel.
    a. Langkah – langkah Pengefraisan dengan Teknik Horizontal.
    Berikut langkah – langkah pengefraisan rata dengan posisi mendatar.
    1) Siapkan perlengkapan mesin yang digunakan meliputi ragum mesin, arbor dan satu set kollar(ring arbor) dengan diameter lubang sama dengan diameter lubang alat potong yang akan digunakan berikut kelengkapan lainnya.
    2) Majukan lengan dan lepaskan pendukung arbor.

Gambar 1.2 Melepas Pendukung Arbor
3) Bersihkan lubang dan arbor bagian tirusnya.

Gambar 1.3 Membersihkan Lubang dan Arbor
4) Pasang arbor pada sepindel mesin dan ikat arbor dengan memutar mur pengikat dibelakang bodi mesin.

Gambar 1.4 Memasang arbor pada sepindel mesin

5) Pasang pisau (cutter) dan ring arbor (kollar) pada gambar arbor (gambar 1.5) posisi pengikat yang benar dan posisi pengikat yang salah apabila yang digunakan pisau mantel heliks kiri.

Gambar 1.5 Memasang pisau dan ring Arbor

6) Pasang pendukung arbor (support) pada lengan mesin dengan posisi tidak jauh dari pisau dan ikat dengan kuat.

Gambar 1.6 Memasang pendukung arbor

7) Selanjutnya pasang ragum pada mesja mesin frais pada posisi kurang lebih ditengah – tengah meja mesin agar mendapat area kerja yang maksimal.
8) Lakukan pengecekan kesejajaran ragum. Apabila jenis pekerjaanya tidak menuntut hasil kesejajaran dengan presisi yang tinggi, pengecekan kesejajaran ragum dapat dilakukan dengan penyiku (Gambar1.7 kiri). Apabila hasil kesejajarannya menuntut presisi yang tinggi. Pengecekan kesejajaran ragum harus dilakukan dengan dial indikator (Gambar 1.7 Kanan)

Gambar 1.7 pengunaan penyiku dan dial indicator

9) Pasang benda kerja pada ragum dengan diganjal Pararel pad dibawahnya. Sebelum ragum dikencangkan dengan kuat. Pukul benda dengan keras secara pelan – pelan mengunakan palu lunak agar benda kerja agar dapat duduk pada paralel dengan baik,

Gambar 1.8 memasang benda kerja pada ragum dengan pararel pad

10) Selanjutnya lakukan setting nol untuk persiapan pemakanan dengan cara mengunakan kertas. Untuk jenis pekerjaaan yang tidak dituntut hasil dengan presisi tinggi, batas kedalaman pemakaman diberi tanda dengan balok pngores

Gambar 1.9 Persiapan Pemakanan

11) Atur putaran dan feeding mesin sesuai dengan perhitungan atau melihat tabel kecepatan potong mesin frais.
12) Apabila pisau yang digunakan arah mata sayatnya heliks kiri, pemakananya dapat dilakukan secara manual maupun otomatis.

Gambar 1. 10 Mengatur Putara dan Feedeng

13) Dalam mengunakan nonius ketelitian yang terletak pada handel mesin, pemutaran roda handel arahnya tidak boleh berlawanan arah dari setting awal karena kan menimbulkan kesalahan setting yang akan mengakibatkan hasil dari presisi. Gambar berikut ini menunjukan pengunaan nonius ketelitian pada handle mesin frais.

Gambar 1. 11 Pemutaran handel mesin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *